Wajibkan Makesta Kepada Siswa-Siswanya, Kepala Sekolah SMK Miftahul Ulum : Syarat Wajib Pengambilan Ijazah

Berjutapena.or.id,- Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) SMK Miftahul Ulum melaksanakan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) sekaligus Pelantikan, dengan tema “Mengembangkan potensi belajar yang berintegritas dan berdedikasi tinggi terhadap Organisasi”. Bertempat di Aula Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Besuki pada senin (28/03/22).

Makesta tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU-IPPNU Situbondo, rekan Muhlisin dan rekanita Titin, ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Besuki serta Kepala Sekolah SMK Miftahul Ulum.

Pelantikan dan Makesta ini bertujuan agar mereka mengerti apa IPNU-IPPNU itu dan juga mengajarkan mereka untuk berjuang meneruskan perjuangan para Muassis NU dengan mengikuti palatihan awal Makesta ini. Harapannya agar PK IPNU-IPPNU SMK Miftahul Ulum ini untuk bisa mengabdi serta mengemban amanahnya selama satu periode kedepan.

Ketua IPNU Besuki, Rekan Deki dalam sambutannya menyampaikan agar PK SMK Miftahul Ulum semangat dengan pengkaderan ini serta amanah dan tanggung jawab.
“Semoga apa yang menjadi sumpah kalian usai dilantik, saya harap kalian tidak menghianati sumpah tersebut dan PK yang sudah dilantik tidak hanya jadi pengurus tetapi menjadi pengurus yang bisa mengurusi. Kalian adalah calon atau kader penerus para Muassis nahdlatul ulama,” katanya.

Sementara itu, kepala Sekolah SMK Miftahul Ulum, lora Dafiq menyampaikan, untuk mewajibkan Makesta sebagai syarat wajib pengambilan Ijasah dan kenaikan kelas. “Siswa dan Siswi SMK Miftahul Ulum baik yang mondok ataupun yang tidak mondok saya wajibkan ikut Makesta. Bahkan perlu dicatat bahwa makesta ini syarat wajib pengambilan ijazah untuk yang kelas tiga dan bagi kelas 1 dan 2 syarat untuk kenaikan kelas”, terangnya dengan jelas.

Menantu Wakil Bupati Situbondo itu juga menambahkan, untuk bisa mengetahui NU, maka harus ikut Makesta dulu. “Ketika kalian lulus dari SMK kalian akan tau apa arti dari NU, maka dari itu saya tekankan lagi meski kalian tidak bisa ikut Makesta sekarang, kalian bisa ikut di PK Al Musyawwir tetapi kalau kalian bisa ikut sekarang kenapa tidak.” ungkapnya lagi.

Pewarta : Undayani Safitri