Pondok Ramadhan PAC IPNU IPPNU Mlandingan, Siapakah Golongan yang Akan Merusak Islam?

Ust. Nur Muhammad Yasin Saat Mengisi Kegiatan Pondok Ramadhan sebagai Penceramah (BP/Istimewa)
Ust. Nur Muhammad Yasin Saat Mengisi Kegiatan Pondok Ramadhan sebagai Penceramah (BP/Istimewa)

Berjutapena.or.id,- Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama’ (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama’ (IPPNU) Mlandingan mengadakan Pondok Ramadhan pada Sabtu (08/03/2023). Bertempat di Masjid Rahmat Desa Sumberanyar, Mlandingan Situbondo.

PONRAMA yang bertemakan ”Peran Pelajar dalam Mensucikan Diri di Bulan Ramadhan” ini dibuka oleh sekretaris Ranting Nahdlatul Ulama’ (NU), Abdurrahman.

 

Foto Bersama Usai Kegiatan Pondok Ramadhan (BP/Istimewa)
Foto Bersama Usai Kegiatan Pondok Ramadhan (BP/Istimewa)

 

Rekan Ibnu Mubarak mengucapkan terimakasih dan rasa syukurnya atas suxesnya acara. “Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pengurus, pemateri, Pengurus Ranting Sumberanyar dan para peserta yang telah kompak didalam membantu dan mensukseskan kegiatan kami ini, Semoga Keberkahan Bulan Ramadhan selalu mengalir pada kita semuanya sehingga kita menjadi hamba yang selalu diberkahi oleh Allah SWT,” tuturnya.

Sementara itu, dalam kajian yang disampaikan oleh Ustaz Nur Muhammad Yasin. Harapan besar sebagai pelajar bisa memikirkan masa depan yang tidak hanya selamat di dunia tetapi juga selamat sampai akhirat. “Ketika kita hidup di tengah kehidupan yang penuh dengan dunia ini maka sebenarnya tujuan dari hidup ini adalah bagaimana menjadi orang yang hidup mulia atau mati syahid diridhoi Allah SWT,” katanya.

 

Suasana saat kegiatan Pondok Ramadhan (BP/Istimewa)
Suasana saat kegiatan Pondok Ramadhan (BP/Istimewa)

 

Beliau juga menyebutkan bahwa ada 4 golongan yang dapat merusak islam menurut Syaikh Jalil Muhammad Al-fadl seorang sufi yang zuhud. “Yang pertama yaitu golongan orang-orang yang tidak mengamalkan apa yang telah diketahui.
kedua golongan yang mengamalkan sesuatu tetapi tidak tahu pada sesuatu yang diamalkan,” jelasnya.

“Ketiga golongan yang beramal tetapi tidak tahu dan terakhir golongan yang mencegah manusia dari mencari ilmu. Maka disebutkan dalam kitabnya Ibnu qoyyim aljauziy orang yang terakhir ini orang yang mencegah dari orang mencari ilmu ini termasuk gambaran iblis kedua setelah iblis yang tidak terlihat,” terangnya kepada peserta PONRAMA.

Dihadiri langsung oleh Ketua Ranting NU Misbahul munir & sekretarisnya, Abdurrahman.Turut andil pula kurang lebih 45 rekan dan rekanita baik dari Pengurus PAC, Pimpinan Ranting (PR) se kecamatan Mlandingan, juga peserta Pondok Ramadhan. kegiatan ini dimulai dari pembukaan yang dilanjut dengan khotmil Qur’an dan kajian oleh ustaz Nur Muhammad Yasin serta ditutup dengan buka bersama.

Editor : Rekanita Fitri