Laut itu Harus Diketahui Potensinya

Suasana Talkshow bersama Dinas Perikanan Situbondo (BP/Ayas)
Suasana Talkshow bersama Dinas Perikanan Situbondo (BP/Ayas)

berjutapena.or.id,- Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama’ (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama’ (IPPNU) Situbondo mengadakan Talkshow yang mengangkat tema ”Membuka Rahasia Lautan, Eksplorasi, Keindahan, dan Tantangan” bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Situbondo yang bertempat di Villa cafee & pool Sumberkolak, Panarukan pada Ahad,(2/12/2023).

Menurut Ketua PC IPPNU Situbondo, Rekanita Kanzul Athiyah dengan percepatan perubahan zaman ini IPNU-IPPNU itu dituntut untuk bisa kreatif dan inovatif dengan perkembangan organisasi. Karena tantangan pemuda saat ini sangat besar, sangat berbahaya di luarsana.

”IPNU-IPPNU harus bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Juga bisa menganalisi perubahan zaman menuju organisasi yang mapan dan kader-kadernya bisa didistribusikan dibidang apapun. Jadi kami harap IPNU-IPPNU bisa jadi wadah kalian untuk bisa menjadi benteng mulai dari mengembangkan potensi,” harapnya.

Foto bersama usai Talkshow (BP/Ayas)
Foto bersama usai Talkshow (BP/Ayas)

 

Selain itu Rekan Afini Maulaya, Ketua PC IPNU Situbondo juga mengatakan bahwa sebagai pemuda pelajar baik pelajar Nahdlatul Ulama (NU) ataupun kalangan lain, yang masih dalam lingkup pemuda Indonesia harus tau mengenai potensi laut dan dapat memperdulikannya pula.

”Mengingat Situbondo bahwa memiliki garis laut terpanjang di Jawa Timur. Kita sebagai pemuda harus tau terkait potensi maritim yang ada di Indonesia. tentu hal ini agar mengispirasi kepedulian kita terhadap laut juga,” ujarnya.

Dalam sambutannya Ahmad Khumaidi, salah satu alumni IPNU Situbondo yang saat ini aktif dalam budidaya perikanan juga mengatakan bahwa pemuda saat ini memang benar-benar sangat minim kemauan dan pengetahuan mengenai potensi laut.

”Anak muda / anak remaja saat ini jarang sekali melirik potensi laut, mungkin karena selama ini laut dianggap nelayan, kalau bekerja dilaut akan amis, bau. Anak muda jarang mau masuk bisnis ini dan itu memang reel, tidak hanya amis dan panas,” jelasnya.

Melihat PC IPNU- IPNU yang memiliki semangat luar biasa. Salah satunya dengan adanya kegiatan kolaborasi ini yang topiknya sangat jarang diangkat dan sangat jarang dilirik sebagai potensi ekonomi.

”Saya ingin semangat ini terus berkelanjutan karena saya banyak merasakan ketika belajar, berjuang, bertaqwa di IPNU-IPPNU. dan Acara ini berjalan lancar dan berkelanjutan,”pungkasnya.

Talkshow ini dihadiri oleh Bpk. Roy Hidayat selaku Kabid pemberdayaan nelayan disnakan Kabupaten Situbondo, Bpk. Feri Zainur Rofiq selaku pengelola produksi perikanan tangkap ahli muda, ketua Majlis Alumni PC IPNU Situbondo, Ahmad Khumaidi, ketua PC IPNU Situbondo, M. Afini Maulaya, ketua PC IPPNU Situbondo, Kanzul Athiyah, dan perwakilan dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) se Situbondo

 

Editor : Rekan Robet