Pemuda Wajib Berwirausaha, Ini 3 Alasan untuk Berbisnis

Ketua PC IPPNU Saat memberikan sambutan (BP/Istimewa)
Ketua PC IPPNU Saat memberikan sambutan (BP/Istimewa)

berjutapena.or.id,- Lanjut Ngopi, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Situbondo kembali adakan Diskusi Entrepreneur bersama dengan Pengurus Cabang (PC) Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Situbondo. Diskusi bertajuk, “Abhek Rembhek : Enterpreneur & Team Building”. Jumat,(8/12/2023) bertempat di Cafe Sport Corner, Talkandang, Situbondo.

Dalam sambutannya, Ketua PC IPPNU Situbondo, Rekanita kanzul Athiyah menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan tersebut untuk mengetahui dunia usaha.

 

Foto bersama usai Diskusi (BP/Istimewa)
Foto bersama usai Diskusi (BP/Istimewa)

 

“Ini salah satu langkah penting awal kita untuk melek tentang dunia kewirausahaan, apalagi kita sebagai pimpinan cabang, menjadi beban moral kepada anggota, sehingga bagaimana nantinya anggota juga bisa diwadahi mengenai kewirausahaan,”katanya.

Sementara itu, Taufik Surahman pada salah satu materi yang dibawakan menyebutkan tiga alasan kita untuk berbisnis.

“Pertama bisnis itu adalah naluri manusia, yang kedua untuk mendapatkan penghasilan dan yang ketiga untuk membuka lapangan pekerjaan,”ujarnya.

Selain itu Taufik sapaannya juga menjelaskan tentang wajibnya berenterprenuer atau memiliki usaha.

“Sesuai dengan Qawaidul Fiqh ما لا يتم الوجب الا به فهو واجب , kalau sebuah kewajiban itu sempurna dengan sesuatu itu, maka wajib hukumnya melakukan sesuatu itu,”singkatnya.

“Hukum memberantas kemiskinan itu wajib, maka kita wajib hukumnya memiliki usaha,” pungkasnya Alumni Al-Azhar Kairo itu.

Dalam kegiatan tersebut hadir pula Ketua LPNU, Bapak M. Jahrowi yang juga merupakan narasumber, Ketua IPNU Situbondo, Rekan Afini Maulaya, Kwtua PC IPPNU Situbondo, Kanzul Athiyah, serta perwakilan dari PAC IPNU-IPPNU se-Situbondo.

 

Editor : Rekanita Lilik

Muhammad Robet Asraria Soma
Santri Tulen