Tingkatkan Kaderisasi, Tim Kaderisasi PC IPNU-IPPNU Turba Kaderisasi

Tim Kaderisasi Turba ke PAC IPNU IPPNU Kapongan (BP/Istimewa)
Tim Kaderisasi Turba ke PAC IPNU IPPNU Kapongan (BP/Istimewa)

berjutapena.or.id,- Sweeper Kaderisasi, begitulah nama yang disematkan pada Kegiatan Turba Kaderisasi Pimpinan Cabang (PC) IPNU-IPPNU Situbondo yang diadakan pada dua bulan terakhir ini. Kegiatan ini diadakan pada hari dan tempat yang menyesuaikan permintaan Pimpinan Anak Cabang (PAC) masing-masing, hal ini yang dikatakan oleh Kordinator DPPPSDM PC IPPNU Situbondo, pada Kamis, (14/12/23).

Rekanita Nur Aini, Kordinator DPPPSDM itu menjelaskan tiga tujuan diadakannya Turba. “Pertama, karena salah satu bagian penting dari Kaderisasi adalah memberikan pengayoman terhadap anggota dan kader. Oleh karenanya, agar tetap memposisikan amanah organisasi dan kader tetap stabil, PC IPNU-IPPNU Situbondo melaksanakan Turba ke PAC yang ada di Situbondo,” katanya via Chat Whatsapp.

 

Tim Kaderisasi Turba ke PAC IPNU IPPNU Jangkar (BP/Istimewa)
Tim Kaderisasi Turba ke PAC IPNU IPPNU Jangkar (BP/Istimewa)

 

Tujuan keduanya yaitu untuk memotivasi dan mengarahkan rekan-rekanita untuk mengadakan pengkaderan formal, baik Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) ataupun Latihan Kader Muda (LAKMUD) yang bertujuan untuk mendapatkan dan membuat formula baru dalam mekanisme pengkaderan.

“Kedua, tujuannya juga untuk memotivasi, serta mengarahkan PAC, Pimpinan Ranting (PR) dan Pimpinan Komisariat (PK) yang sudah mampu untuk melaksanakan pengkaderan formal baik Makesta atupun Lakmud. dan Ketiga, dari kegiatan tersebut harapannya dapat membuat formula baru yang berguna serta sesuai dengan kebutuhan PC, PAC, PR, PK terkait mekanisme Pengkaderan,” tambahnya.

Selain itu, Rekanita Aay sapaan akrabnya, juga menjelaskan hasil Turba yang dilakukan yaitu untuk menambah kedekatan emosional, kebutuhan,progres dan kendala disetiap PAC, PR dan PK yang ada.

“Dengan diadakan Turba ini, kami dapat meningkatkan kedekatan emosional dengan PAC yang telah didatangi, serta dapat mengevaluasi kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan oleh PAC, PR, PK. Dari kegiatan tersebut Tim Kaderisasi dapat mengetahui progres report serta kendala-kendala yang ada di PAC, PR, dan juga PK,” tegasnya.

Turba kaderisasi yang di mulai dari zona Senja ke zona Terang hingga zona Fajar itu dihadiri oleh Ketua PC IPNU-IPPNU Situbondo dan Waka Bidang Kaderisasi PC IPNU-IPPNU Situbondo dan pengurus PAC masing-masing daerah.

 

Editor : Rekanita Lilik