Sholat Subuh Baca Qunut, Ini Alasannya

berjutapena.or.id,- Secara bahasa qunut adalah do’a yang mencakup kepada kebaikan atau keburukan. Sedangkan secara istilah qunut adalah dzikir tertentu yang mencakup kepada do’a dan pujian. Bacaan qunut, pada biasanya dilakukan ketika shalat subuh. Pertanyaannya adalah mengapa qunut hanya dilakukan pada saat shalat subuh saja? Tulisan ini akan membahas pertanyaan tersebut.

Hukum dari qunut yaitu sunah. Melakukan qunut ketika I’tidal. Dan perlu kita ketahui bahwa bacaan qunut sebenarnya bukan hanya dibaca ketika subuh, melainkan di waktu-waktu sholat yang lain (lima waktu) juga sunah hukumnya. Sebagaimana dijelaskan dalam kitab Fathul Mu’in:

سن قنوت بسائر مكتوبة من الخمس في اعتدال الركعة الأخيرة

“Sunah hukumnya melakukan qunut disemua shalat wajib yang lima waktu, pada saat I’tidal rakaat pertama”  

Mengenai mengapa qunut pada biasanya dilakukan pada saat subuh saja, maka sekurang-kurangnya ada dua alasan. Sebagaimana dijelaskan dalam kitab I’anah at-Tholibin, juz I, halaman 241:

وإنما أختص القنوت بالصبح لشرفها مع قصرها فكانت بالزيادة أليق, ولأنها خاتمة الصلوات التى صلاها جبريل بالنبي صلى الله عليه وسلم عند البيت والدعاء يستحب في  الخواتيم

“Qunut hanya dikhususkan pada shalat subuh karena kemuliaan subuh disamping sedikit jumlah rakaatnya. Oleh karena itu, lebih layak untuk ditambah qunut (do’a). Dan karena subuh merupakan akhir dari shalat lima waktu yang pada saat itu malaikat Jibril shalat dengan Nabi Muhammad saw di Mekkah. Sementara do’a disunahkan dibaca diakhir-akhir”

Alasan pertama, karena kemuliaan shalat subuh. Dikatakan mulia mungkin cobaan untuk melakukan shalat ketika waktu subuh lebih sulit dari pada waktu-waktu yang lain. Disamping itu, jumlah rakaat shalat subuh lebih sedikit, maka layak untuk ditambah qunut diakhir rakaat.

Alasan kedua, karena subuh merupakan shalat penutup dari shalat yang lima waktu. Sebagaimana disebutkan diatas bahwa qunut merupakan do’a. Dan secara umum do’a disunahkan dibaca pada waktu akhir suatu perkara atau majelis. Berhubung subuh sebagai penutup shalat dan do’a hendaknya dilakukan diakhir, maka qunut yang notabene sebagai do’a diletakkan pada saat shalat subuh.

Dengan penjelasan tersebut, kita jadi tahu bahwa qunut bukan hanya disunahkan ketika shalat subuh, melainkan juga shalat lima waktu yang lain. Selain itu, kita juga tahu mengapa qunut pada biasanya dilakukan pada waktu subuh. Sekian penjelasan tentang alasan qunut dilakukan pada saat subuh. Semoga bermanfaat. Wallahu Alam.

 

Editor : Rekanita Lilik