Optimalisasi Pelajar NU menuju Kader yang Progresif, Jadilah Gelas yang Tidak Terhalang oleh Tutupnya

berjutapena.or.id,- Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama'(IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama’ (IPPNU) Mlandingan mengadakan Latihan Kader Muda (LAKMUD) pertama yg bertempat di Pondok Pesantren (PP) Mabadius Shaleh, Sumber Pinang, Mlandingan, Situbondo. Pada Kamis-Ahad (8-11/ 8 / 2024).

Dalam pengkaderan tersebut mengangkat tema Optimalisasi Pelajar NU menuju Kader Muda yang Progresif. Tujuan mengangkat tema tersebut adalah agar nantinya alumni LAKMUD PAC IPNU-IPPNU Mlandingan memberikan sumbangsih yang nyata bukan sekedar wacana semata.

”Alasan mengangkat tema tersebut adalah berharap alumni-alumni LAKMUD PAC IPNU-IPPNU Mlandingan nantinya menjadi kader muda yang progresif, melakukan hal-hal baik yang sehingga dapat terjadi perubahan yang lebih baik lagi dari pada sebelumnya dan itu berkelanjutan didalam kehidupannya baik secara pribadi maupun secara sosial,” kata Iqbal Kalifuzzakky Al Ahkam selaku ketua panitia pelaksana saat diwawancarai melalui Whats App.

 

 

Dengan adanya Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) yang hampir sudah merata dilakukan oleh setiap PAC yang ada di Kabupaten Situbondo maka perlu adanya pengkaderan yang berkelanjutan.

”Dalam rangka upaya percepatan pengkaderan, yang kami rasa di Kabupaten Situbondo ini sudah terlalu menumpuk para anggota-anggota lulusan MAKESTA dan di perlukan proses pengkaderan LAKMUD.

Namun hal ini belum tentu dilakukan oleh seluruh PAC, karena hanya beberapa PAC yang memiliki standart dan mampu menyelenggarakan jenjang pengkaderan,” kata ketua Pimpinan Cabang (PC) IPPNU Situbondo, Kanzul Athiyah.

Dengan adanya LAKMUD, ini bukti bahwa PAC IPNU-IPPNU Mlandingan merupakan PAC yang sangat signifikan perkembangannya.

”Dengan Mlandingan mampu mengadakan LAKMUD setelah beberapa kali mengadakan MAKESTA baik PAC maupun rantingnya ini menjadi bukti bahwa PAC IPNU-IPPNU Mlandingan merupakan salah satu PAC yang sangat signifikan perkembangannya dibidang pengkaderan IPNU dan IPPNU, kami harap kedepan PAC -PAC seluruhnya menyelanggarakan LAKMUD,” harapan ketua PC IPPNU Situbondo saat di wawancarai melalui Whats App.

Kader LAKMUD itu memiliki kemampuan tersendiri yang berfariatif. Maka perlu adanya keleluasan perindividu dalam mengikuti LAKMUD agar bisa menerima ilmu yang ada dalam pengkader tersebut.

”Kader LAKMUD mempunyai kemampuan tersendiri untuk menjalankan roda organisasi, baik secara ideologi, baik secara organisasi, baik hard skill dan soft skill yang memang dibutuhkan pengurus pimpinan di IPNU dan IPPNU. Semangat gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya dan jadilah gelas yang tidak terhalang oleh tutupnya sehingga kita bisa mencari ilmu dengan ikhlas,” pungkasnya.

Dalam acara ceremony tersebut turut hadir pengasuh PP. Mabadius Sholeh, Kiai Abdul Wahid, ketua Majlis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama’ (NU) Mlandingan, ustaz Taufiq ST. Ketua PC IPPNU Situbondo, Kanzul Athiyah, serta rekan-rekanita beberapa PAC yang ada di Situbondo.