Regenerasi Pelajar NU: Mencetak Kader Progresif dan Inovatif di Makesta SMK NU Al-Futuhiyyah

Persiapan MAKESTA PAC IPNU IPPNU Muncar (BP/Istimewa)
Persiapan MAKESTA PAC IPNU IPPNU Muncar (BP/Istimewa)

berjutapena.or.id,- Muncar, Pentingnya regenerasi dalam organisasi pengaderan seperti Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) menjadi fokus utama dalam kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) yang berlangsung di SMK NU Al Futuhiyyah pada tanggal 21-22 September 2024. Dengan tema _”Regenerasi Pelajar NU: Kader yang Progresif dan Inovatif”_, kegiatan ini bertujuan tidak hanya menghasilkan kuantitas kader, tetapi lebih menitikberatkan pada kualitas, demi mencetak kader yang akan terus berproses dan memunculkan ide-ide baru untuk kemajuan organisasi. Ahad, (22/09/2024)

Makesta ini diselenggarakan oleh PAC IPNU IPPNU Muncar dan merupakan kegiatan pengaderan kedua yang dilaksanakan di periode kepemimpinan Ketua PAC IPNU Muncar, Moh. Fiqry Al-Kadafi. Sebelumnya, kegiatan serupa telah diadakan di Pondok Pesantren Al-Musthofa Kedungringin, Muncar, pada 7 September 2024. Dengan rencana total empat kali pengaderan berturut-turut hingga Oktober mendatang, PAC IPNU IPPNU Muncar berkomitmen untuk terus melahirkan kader yang berkualitas melalui pendekatan yang inovatif dan progresif.

Dalam wawancara dengan Tim Berjuta Pena, Moh. Fiqry Al Kadafi menyampaikan beberapa langkah konkret untuk memastikan kualitas kaderisasi.

“Kami memiliki cara untuk memastikan peserta tidak hanya menyerap materi, tetapi juga mampu mengembangkan skill dan wawasan melalui pelatihan dan kegiatan lain yang akan membantu mereka dalam proses panjang menciptakan ide-ide baru,” ujarnya.

Terkait dengan rencana empat kali pengaderan berturut-turut, Kadafi juga menegaskan bahwa PAC IPNU IPPNU Muncar telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.

“Kami sudah merencanakan dengan cermat agar setiap kegiatan Makesta tidak akan mengganggu proses pembinaan lanjutan, seperti follow up dan Rencana Tindak Lanjut (RTL),” jelasnya.

Ketika ditanya mengenai harapannya bagi para peserta Makesta, Ketua IPNU Muncar memberikan jawaban sederhana namun mendalam: “Saya berharap banyak kader-kader baru yang memahami dan tidak akan melupakan tujuan IPNU IPPNU.”

Dengan komitmen yang kuat dan rencana pengkaderan yang matang, PAC IPNU IPPNU Muncar berharap kegiatan-kegiatan ini dapat mencetak generasi pelajar NU yang progresif, inovatif, serta siap memajukan organisasi.

Pewarta : M. Kholilur Rahman