PAC IPNU IPPNU Banyuputih Adakan Baksos Perdana : Wujud Pengabdian Sosial dan Spiritual

berjutapena.or.id, – Banyuputih, Pimpinan Anak Cabang  (PAC)  Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Banyuputih menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) di pemakaman umum Bindung pada hari Jum’at, (27/09/24). Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja (proker) Departemen Sosial Dakwah dan Kemasyarakatan PAC IPNU IPPNU Banyuputih.

Achmad Muzadi, Ketua PAC IPNU Situbondo mengatakan bahwa baksos ini merupakan kegiatan perdana PAC IPNU IPPNU Banyuputih, “Baksos ini adalah yang perdana dan kami tidak melibatkan masyarakat atau organisasi lain. Kami ingin melihat antusiasme dari para pengurus dalam melakukan kegiatan yang mungkin dianggap sepele,” ujarnya saat diwawancarai pada Sabtu, (28/09/24).

“Alhamdulillah, teman-teman sangat antusias. Harapan saya, kegiatan ini menjadi pengingat bahwa pengabdian bukan hanya mengasah intelektual, tetapi juga kontribusi nyata di masyarakat,” tambah Rekan Ujek sapaan akrabnya.

Selain itu Ketua PAC IPPNU Banyuputih, Robiatul Adhawiyah menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini selain menjaga kebersihan lingkungan, juga untuk meningkatkan rasa kebersamaan antar anggota. “Dengan bakti sosial ini, kita tidak hanya menjaga kebersihan area pemakaman, tetapi juga mempererat tali silaturahmi antar anggota dan memberikan contoh positif bagi masyarakat tentang pentingnya gotong royong,” ujarnya.

Dalam penutupan kegiatan, baik Achmad Muzadi maupun Robiatul Adhawiyah berharap bahwa kegiatan ini tidak berhenti di sini, namun bisa menjadi awal dari kontribusi berkelanjutan di masyarakat. “Kita berharap pengurus tidak meremehkan hal-hal kecil, karena dampak positifnya bisa besar bagi masyarakat. Semoga kegiatan ini bisa menjadi tradisi yang terus dijalankan,” pungkas Ketua PAC IPNU Banyuputih itu.

Kegiatan bakti sosial ini menunjukkan bahwa IPNU IPPNU Banyuputih bukan hanya aktif dalam kegiatan intelektual, tetapi juga peduli terhadap lingkungan dan sosial. Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini dapat menginspirasi generasi muda lainnya untuk lebih peduli terhadap masyarakat sekitar.

Pewarta : Rekan Kholil

Muhammad Robet Asraria Soma
Santri Tulen