Camat Bungatan Inisiasi Program PAPATEN untuk Pengembangan Potensi Pemuda dan Pertanian

berjutapena.or.id, – Situbondo, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Situbondo yang juga menjabat sebagai Camat Bungatan, dalam wawancara dengan Tim Berjuta Pena, mengungkapkan visi dan harapannya terhadap pengembangan potensi pemuda di wilayahnya. Kepala Kecamatan Bungatan menekankan pentingnya memberdayakan generasi muda melalui inisiatif jalur intelektual yang ia namakan PAPATEN (Pemuda Aktif Pertanian Inovatif). Program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi pertanian di kalangan pemuda, mengajarkan keterampilan seperti menanam sayuran, dan memperkuat ekonomi lokal.

“Bungatan memiliki potensi besar, terutama di sektor pertanian, dan pemuda kita harus menjadi motor penggeraknya. Saya melihat potensi intelektual dan kemampuan manajerial mereka dalam mengelola ekonomi,” ujar Camat Bungatan saat diwawancarai pada Senin, (30/09/24).

Selain mendukung potensi pertanian, ia juga menekankan pentingnya teknologi dan pemasaran digital agar para pemuda dapat menjual produk mereka secara lebih luas. “Di era teknologi ini, pemuda harus mampu memanfaatkan perkembangan zaman agar tidak tertinggal,” lanjutnya.

Sebagai mantan fasilitator Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) , ia menyoroti peran organisasi tersebut dalam memajukan berbagai kegiatan produktif. Namun, ia mengingatkan bahwa diperlukan intensitas dan program berkelanjutan agar ide-ide yang lahir dapat diwujudkan menjadi hasil nyata.

Melalui PAPATEN dan dukungan penuh terhadap pemuda, ia berharap Bungatan akan menjadi pusat inovasi dan kreativitas, yang tidak hanya berdampak bagi masyarakat lokal, tetapi juga mampu bersaing di pasar yang lebih luas.

Pewarta : Rekan Kholil