Maulid Nabi Muhammad SAW, PC IPNU-IPPNU Situbondo: Meneladani Akhlak Rasulullah untuk Membangun Generasi Rabbani

berjutapena.or.id, – Situbondo, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Situbondo menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Aula PCNU Situbondo pada Jumat, (04/10/24). Acara yang mengusung tema “Membangun Generasi Rabbani dengan Meneladani Akhlaq Rasulullah SAW” ini berlangsung penuh khidmat hingga pukul 17.00 WIB.

Ketua PC IPNU Situbondo, Achmad Afini Maulaya, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh rekan dan rekanita yang hadir. “Sebagai pelajar Nahdlatul Ulama, sudah sepatutnya kita meneladani akhlak Nabi, menjalankan sunnahnya, dan merayakan hari kelahiran baginda Nabi Muhammad SAW,” ujarnya.

Selain itu KH. Muhyiddin Khatib, Ketua PCNU Situbondo, memberikan tausiyah yang mendalam. Beliau menyoroti gelar Al Ummiyi yang disematkan kepada Rasulullah SAW, bukan sekadar karena beliau tidak bisa membaca dan menulis, tetapi sebagai strategi Ilahiah untuk menjaga kemurnian wahyu Al-Quran dari tuduhan sebagai karangan Nabi. “Ini menjadi pelajaran berharga bagi kita, terutama kader IPNU dan IPPNU, bahwa integritas dan ilmu sangat penting dalam membangun karakter,” jelas KH. Muhyiddin.

Dalam ceramahnya, beliau juga menekankan pentingnya ilmu dan integritas bagi generasi muda. “Kita harus menjadi sosok yang memiliki kecerdasan intelektual, kejujuran, dan kepekaan sosial. Jadilah Man Of Change yang mampu menyuarakan kebenaran dan membela masyarakat dengan intelektual, bukan dengan kekuatan fisik,” tegasnya.

Acara Maulid ini ditutup dengan doa oleh Ustadz Mukhlis. Dengan harapan agar generasi muda NU, khususnya IPNU dan IPPNU Situbondo, terus meneladani Rasulullah SAW dalam setiap aspek kehidupan, baik dalam keilmuan, integritas, maupun pengabdian kepada masyarakat.