Gus Haris Miftah Tekankan Pentingnya Keilmuan Aswaja Setelah Terpilih Sebagai Ketua PCINU Yordania

berjutapena.or.id, – Situbondo, Gus Muh. Haris Miftah resmi terpilih sebagai Ketua Tanfidhiyyah PCINU Yordania dalam Konferensi Cabang Ketiga yang digelar di WISE University, Amman, Sabtu (19/10/2024). Setelah terpilih, Gus Haris menegaskan komitmennya untuk memperkuat pemahaman Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) di kalangan generasi muda.

Menurut Gus Haris sapaan, paham Aswaja sudah relevan sepanjang masa, namun perlu upaya lebih untuk menekankan keilmuan Aswaja guna menghindari pemikiran yang menyimpang. “Kita perlu memviralkan kajian keilmuan Aswaja agar bisa menjadi daya tarik tersendiri, terutama di tengah maraknya tren hijrah yang belum tentu terarah,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan rencana PCINU Yordania untuk memberdayakan mahasiswa dan pekerja migran Indonesia melalui berbagai kegiatan diskusi dan pelatihan. Program-program ini akan melibatkan tokoh yang memiliki keilmuan dan sanad yang jelas, untuk memastikan kualitas kegiatan yang diadakan.

Kelahiran Situbondo itu berharap kepemimpinannya dapat memperkuat kontribusi PCINU Yordania dalam mengembangkan jaringan global dan menjadikan organisasi sebagai pusat inovasi keagamaan dan sosial. “Dengan mengikuti jejak para ulama terdahulu, kami ingin melahirkan kader yang mampu menghadapi berbagai tantangan zaman,” tambahnya.