Ilham Fathoni: Si Pendiam yang Raih Juara 1 Lomba Desain Infografis NU Online Jakarta

Rekan Ilham (Kordinator Creative Organizing PC IPNU Situbondo)

Berjutapena.or.id,- Salah satu kader Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Widoropayung, Rekan Ilham Fathoni, mendapatkan juara 1 Lomba Desain Infografis yang diadakan oleh NU Online Jakarta dalam acara Festival Literasi Islam dalam rangka menyambut Harlah NU Online Jakarta pada Selasa (20/6/2023).

Ia sendiri menjabat sebagai Sekretaris PAC IPNU Widoropayung yang dipasrahkan untuk memegang akun media sosial PAC IPNU IPPNU Widoropayung.

Rekan Ilham bersyukur kepada Allah SWT karena telah memenangkan lomba tersebut.

“Alhamdulillah, tentunya sangat bangga. Hasil dari proses belajar dan berkarya saya membuahkan hasil,” ujarnya saat diwawancarai.

 

Pamflet Pengumuman Juara Lomba Desain Info Grafis NU Online Jakarta (BP/Istimewa)
Pamflet Pengumuman Juara Lomba Desain Info Grafis NU Online Jakarta (BP/Istimewa)

 

Awalnya Rekan Ilham memulai minatnya sebagai editor dengan iseng-iseng saja, akhirnya ketagihan hingga menjadi hobinya sampai saat ini.

“Awal mula terjun karena iseng iseng, hingga pada akhirnya keterusan dan jadi hobi. Alasan lain kenapa saya fokus di desain grafis karena dulu saya termasuk orang yang tidak mau untuk tampil di depan. Jadi saya mencari hal yang bisa dilakukan untuk berguna bagi diri saya khususnya dan orang lain dengan tanpa tampil di depan, misalnya public speaking. Namun seiring waktu, sekarang saya dipaksa untuk berbicara di depan orang dengan tujuan sharing dan diskusi terkait ilmu yang sudah saya pelajari, khususnya di bidang desain grafis,” begitu perkataannya.

Rekan Ilham sendiri pun mengedit suatu gambar hanya dengan menggunakan handphone, tapi dengan tekad yang kuat, akhirnya ia bisa menjurai lomba tersebut.

 

Karya Rekan Ilham yang mendapatkan juara 1 pada Lomba Desain Info Grafis NU Online Jakarta (BP/Istimewa)
Karya Rekan Ilham yang mendapatkan juara 1 pada Lomba Desain Info Grafis NU Online Jakarta (BP/Istimewa)

 

“Intinya jangan patah semangat, bahkan sekalipun hanya bisa berkarya lewat android, karena kebetulan saya sendiri cuma bermodal aplikasi Pixellab, apapun software atau aplikasi yang kita gunakan,” ujarnya.

Satu pesan dari Rekan Ilham agar bisa memotivasi rekan dan rekanita supaya bisa mengikuti jejaknya.

“Ketika kita mau terus berkembang dan konsisten belajar, tentu pada akhirnya kita juga akan mampu bersaing dengan orang-orang di luar sana. Namun, dengan pencapaian ini tentunya bukan untuk merasa hebat atau menggagah-gagahkan diri, tetapi sebagai motivasi diri untuk mengembangkan skill yang saya miliki. Terakhir, terima kasih kepada semua yang sudah men-support saya,” pesannya.

 

Editor : Rekan Basori