Optimalkan RTL Kedua, Ketua Panitia Diklatama Asembagus Perkuat Semangat Kader CBP-KPP di Alam Terbuka

berjutapena.or.id – Situbondo, Rencana Tindak Lanjut (RTL) ke-II Diklatama Angkatan Spartan XXIV yang diselenggarakan oleh DKAC CBP-KPP Asembagus berlangsung di Kampung Kerbau, Situbondo pada Ahad, (22/09/24). Acara yang diisi mereview materi aswaja serta praktek tata cara ibadah di alam bebas ini bertujuan memperkuat semangat kader dalam menghadapi tantangan beribadah di alam terbuka.

Ketua Panitia, Muhammad Kholiq, mengungkapkan bahwa tantangan terbesar yang dihadapi selama pelaksanaan RTL adalah menghilangkan keraguan peserta dalam melaksanakan salat di alam terbuka dengan perlengkapan seadanya.

“Tantangan terbesar menurut saya adalah menghilangkan rasa waswas untuk melaksanakan salat di alam terbuka dengan perlengkapan minim. Padahal, dalam ajaran Islam, ibadah tidaklah memberatkan. Kita diberi kebebasan untuk beribadah di mana saja. Jika tidak ada air, kita bisa bertayamum, dan jika ada air, kita bisa berwudu bahkan dengan hanya satu gelas air. Tanah yang suci bisa digunakan untuk salat, asalkan tidak ada kotoran di atasnya.” katanya.

Lebih lanjut, Kholiq berharap hasil dari RTL ini dapat menumbuhkan semangat teman-teman CBP dan KPP untuk tidak ragu dalam beribadah di kondisi apa pun, termasuk di alam terbuka.

“Harapan saya dari hasil RTL ini adalah agar teman-teman CBP dan KPP tidak lagi ragu untuk beribadah di alam terbuka meskipun dengan minimnya perlengkapan. Ibadah adalah kewajiban bagi kita semua, di mana pun kita berada, bahkan dalam kondisi sakit sekalipun kita tetap memiliki kewajiban untuk beribadah atau sholat,” tegasnya.

Selain itu, Kholiq juga berharap kegiatan ini dapat memicu semangat kader CBP dan KPP di seluruh Situbondo untuk lebih bersemangat lagi dalam menjalankan peran mereka sebagai garda terdepan IPNU-IPPNU.

“Semoga selesainya RTL diklatama asembagus ini dapat memacu semangat kader CBP dan KPP di seluruh Situbondo untuk menjadi garda terdepan yang siap dalam menjaga nilai-nilai Aswaja dan menjalankan tugas keorganisasian,” tutup Kholiq.

Acara RTL ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting, termasuk Ketua PC IPNU Situbondo, Ahmad Avini Maulaya, Komandan DKAC CBP M. Alfan Khoirur Rozi, Komandan DKAC KPP Musrifah Maulana Ishaq, dan Pembina PC IPNU Situbondo, Ahmad Muhsin, serta Pemateri Muhammad Anis Zayadi.

Pewarta : Rekan Kholil

Muhammad Robet Asraria Soma
Santri Tulen