PCINU Yordania Siap Gelar Konfercab Ketiga dengan Rangkaian Webinar Isu Pemikiran Kontemporer

berjutapena.or.id,- Amman, Yordania – Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Yordania akan menyelenggarakan Konferensi Cabang (Konfercab) ketiga yang dimulai pada Senin, 23 September 2024, dan akan mencapai puncaknya pada Sabtu, 19 Oktober 2024. Acara ini akan diadakan di Gedung The World Islamic Science & Education (WISE) University di Amman, Yordania, yang berlokasi di Jalan Pangeran Nayef bin Asem, Tobarbur. Minggu, (29/09/2024)

Tema yang diusung dalam Konfercab ini adalah Membumikan Aswaja, Mengawal Peradaban Dunia. Acara ini menghadirkan berbagai pemateri internasional yang akan membahas isu-isu kontemporer terkait pemikiran keislaman. Ketua Panitia, Gilang Fazlur Rahman, menyebutkan bahwa sejumlah tokoh penting, termasuk Grand Mufti Yordania dan beberapa Duta Besar dari Asia Tenggara, akan menghadiri acara ini. Selain itu, ulama besar serta cendekiawan dari Indonesia dan Yordania juga turut diundang untuk memberikan kontribusi pemikiran mereka.

Gilang menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan dimulai dengan Webinar Pra-Konfercab yang digelar pada 23 September 2024, bersama Katib Syuriyah PBNU, KH M Afifudin Dimyathi, yang membahas tema Al-Qur’an dan Aswaja Menjawab Tantangan di Era Modern. Acara dilanjutkan dengan webinar berikutnya pada 26 September 2024 bersama Wakil Rais Aam PBNU, KH Afifuddin Muhajir, yang membawakan materi Membangun Tradisi Intelektual dengan Nalar Ushuli.

Pada 29 September 2024, webinar internasional akan menampilkan Ali Mahmud Al-Omari, pakar Ilmu Kalam dan Aqidah, dengan tema Ilmu Kalam dan Perannya dalam Membina Umat Islam; Memperkuat Akidah dan Menjaganya dari Pemikiran Kontemporer. Selain itu, pada 5 Oktober 2024, akan ada bedah tesis karya Rais Syuriah PCINU Yordania, Ustadz Muhammad Nur Ukasyah, tentang studi manuskrip klasik.

Acara ini juga melibatkan webinar Fatayat NU pada 9 Oktober 2024 yang akan menghadirkan Ning Widad Bariroh dengan tema Perempuan dalam Kepemimpinan Transformasional: Menginspirasi dan Memimpin dengan Nilai.

Konfercab ketiga PCINU Yordania akan diadakan pada 19 Oktober 2024 dengan agenda utama dan perayaan Maulid Akbar. Acara ini akan menghadirkan berbagai ulama terkemuka seperti Prof Syekh Ahmad Al-Hasanat, Grand Mufti Yordania, dan tokoh cendekiawan lainnya. Duta Besar LBBP Republik Indonesia untuk Yordania dan Palestina, Ade Padmo Sarwono, juga dijadwalkan hadir bersama Ketua PBNU, KH Ulil Abshar Abdalla, serta ulama dan pemikir lainnya.

Gilang Fazlur Rahman menambahkan bahwa tujuan utama dari konferensi ini adalah untuk menghadirkan gagasan dari para ulama guna mengatasi berbagai isu-isu keislaman yang kerap disalahpahami. Selain itu, konferensi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya kontribusi ilmiah dalam pembangunan berkelanjutan, terutama melalui lembaga-lembaga pendidikan.

Acara ini akan disiarkan langsung melalui kanal YouTube resmi PCINU Yordania. Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat mengikuti perkembangan di akun Instagram resmi @pcinu.Yordania. (Lil)

Sumber: NU Online