Sosialisasi Panwaslu: Peran Perempuan dalam Mengawasi Pemilu 2024

Delegasi PC IPPNU Situbondo saat mengikuti Sosialisasi (BP/Istimewa)
Delegasi PC IPPNU Situbondo saat mengikuti Sosialisasi (BP/Istimewa)

berjutapena.or.id,- Situbondo , Panitia Pegawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Situbondo mengadakan sosialisasi bertajuk Peran Perempuan dalam Mencegah Politik Uang menjelang Pemilu 2024. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, (12/10/2024), ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran perempuan terhadap pentingnya pengawasan pemilu.

Sosialisasi tersebut diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Situbondo, Rekanita Kanzul Athiyah. Melalui unggahan di story WhatsApp, Rekanita Tya, panggilan akrabnya, menyampaikan pandangannya bahwa kondisi ekonomi sering membuat perempuan menjadi target politik uang.

“Jika perempuan mendapatkan edukasi yang memadai, mereka akan mampu menolak politik uang,” ungkapnya. Tya juga mendorong agar perempuan berani mengkampanyekan gerakan anti-politik uang dan melaporkan setiap pelanggaran kepada Bawaslu.

Lebih lanjut, Tya menegaskan pentingnya penegakan hukum untuk memastikan keadilan dalam proses pemilu. Upaya ini sejalan dengan tujuan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga demokrasi yang bersih dan adil.

 

Editor : Rekan Robet