Apel dan Camp Awal Bulan, Upaya Meningkatkan Kualitas Kader CBP dan KPP Widoropayung

berjutapena.or.id,-  Widoropayung, Apel dan Camp Awal Bulan yang digelar oleh Corps Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) Widoropayung Kecamatan Besuki berlangsung pada Jumat (11/10/2024) di Batu Man Ghigir (BTM) Widoropayung. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas diri kader melalui praktek Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan evaluasi rutin.

Rekan Ilham, Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU Widoropayung, mengungkapkan harapannya agar kegiatan apel bulanan ini terus berlanjut dengan konsisten. “Dalam setiap apel, diharapkan ada pembelajaran yang mampu meningkatkan kualitas diri, terutama dalam praktek PBB,” ujarnya. Ia juga menekankan pentingnya evaluasi setelah kegiatan untuk mengurangi margin kesalahan.

Meskipun secara teknis kegiatan terbilang sederhana, tantangan terbesar adalah menggerakkan kader untuk aktif berpartisipasi. “Komandan-komandan sudah mandiri, tetapi tantangan utamanya adalah mengajak kader agar ikut serta,” tambah Rekan Ilham yang juga merupakan Kordinator Departemen Media Pimpinan Cabang (PC) IPNU Situbondo.

Ia berpesan agar kader tetap semangat berjuang melalui IPNU dan IPPNU serta mengingatkan bahwa hasil perjuangan tidak akan dapat diraih secara instan. “Proses dan pembelajaran diperlukan untuk menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya,” katanya. Ia juga menegaskan bahwa setiap kegiatan selalu diawali dengan evaluasi untuk belajar, memperjuangkan kaderisasi dengan pendekatan lokal, dan menjaga ketaqwaan dengan menjalankan ibadah wajib. Hal ini sesuai dengan konsep “Belajar, Berjuang, Bertaqwa” yang menjadi pegangan dalam setiap kegiatan.

 

Editor : Rekan Robet

Muhammad Robet Asraria Soma
Santri Tulen