Lakut dan Latpel II PW IPPNU Jatim: Membentuk Pelatih yang Siap Jawab Tantangan Kaderisasi

berjutapena.or.id,- Kencong – Jember, Pelatihan Kader Utama (Lakut) dan Latihan Pelatih (Latpel) II Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jawa Timur sukses digelar di Universitas Al Falah As Suniyah Kencong, Jember, pada 17-20 Oktober 2024. Acara ini diharapkan mampu memperkuat kemampuan kader dalam mengembangkan organisasi di wilayah masing-masing.

Rekanita Alfiah Yunia Pratama, selaku Ketua Pelaksana dan Koordinator Pendidikan dan Pengkaderan PW IPPNU Jatim, menegaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk membekali peserta agar lebih bersemangat dalam menganalisis organisasi. “Kami berharap para peserta semakin on fire dalam mengembangkan IPPNU dan mampu mewakili nilai-nilai organisasi,” ujarnya.

Selain itu, Latpel II ini difokuskan untuk menghadapi tantangan kaderisasi yang semakin kompleks. Peserta diharapkan dapat mengatasi permasalahan pengawalan dan perawatan kaderisasi di daerahnya. Pembekalan diberikan dengan metode penyamaan persepsi dan analisis mendalam sesuai wilayah koordinasi cabang masing-masing.

Rekanita Alfiah sapaan akrabnya juga menambahkan bahwa proses pelatihan ini dipandu oleh tim dari Pimpinan Pusat serta pelatih dari PW IPPNU Jawa Timur.

Setiap peserta diharapkan memaksimalkan manfaat dari pembelajaran, yang kemudian akan dibuktikan melalui program Rencana Tindak Lanjut (RTL) di daerah masing-masing.

“Pelatihan hanya sebuah bekal, penerapan dan pengembangan di lapangan adalah ujian sesungguhnya. RTL menjadi batu loncatan untuk membuktikan bahwa mereka layak menyandang gelar pelatih Jawa Timur,” tegas Alfiah.

Program ini tidak hanya membekali, tetapi juga mempersiapkan peserta dalam menghadapi situasi nyata dengan fokus grup diskusi (FGD) yang mengangkat kasus-kasus di lapangan. Dengan demikian, mereka diharapkan lebih siap menghadapi dinamika kaderisasi di wilayah masing-masing.

Editor : Rekan Robet